EDUKASI BERKUALITAS CERMINAN KEMAJUAN BANGSA

Senin, 26 Februari 2018

EDUKASI BERKUALITAS CERMINAN KEMAJUAN BANGSA


EduCenter, one stop excellence of education, Edukasi Kunci Kemajuan Bangsa


Education Is The Most Powerfull Weapon Which You Can Use To Change The World
(Nelson Mandela)

Kalimat magis nan menyentuh dari seorang pejuang anti apharteid Afrika Selatan ini mengajarkan kita tentang kekuatan dari edukasi atau pendidikan dalam mengubah dunia. Pendidikan tidak hanya dimaknai sebagai proses belajar semata, melainkan memiliki peran dalam memajukan suatu bangsa dengan membentuk karakter manusia yang unggul dan bermartabat.
Pemajuan kualitas pendidikan sejak dahulu telah menjadi fokus dari setiap negara, mengingat peran vital pendidikan dalam memajukan suatu bangsa. Tak terkecuali negara kita tercinta Indonesia, yang sejak dahulu telah menjadikan edukasi sebagai jalan untuk mewujudkan kualitas bangsa yang dapat setara dengan bangsa-bangsa lain. Semangat untuk memajukan pendidikan di Indonesia sendiri tertuang dalam alinea keempat UUD 1945 yang menegaskan salah satu tujuan dari negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini kemudian dituangkan dalam Pasal 31 UUD 1945 yang secara umum menegaskan pendidikan sebagai hak setiap warga negara dan pemerintah berkewajiban untuk membiayainya.


Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional). Selanjutnya disebutkan bahwa fungsi dan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

 Amanat UU No 20 Tahun 2003 sangat jelas bahwa pendidikan pada hakekatnya adalah mengembangkan potensi diri peserta didik menjadi kemampuan dengan dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan, kepribadian, akhlak mulia, dan kemandirian. Untuk mencapai bangsa yang bermoral dan sejahtera diperlukan suatu kualitas pendidikan yang baik dan sesuai, karena kemajuan suatu bangsa direpresentasikan melalui kualitas pendidikan yang dimilikinya.

Wajah Pendidikan Indonesia

Melihat peran vital yang diemban oleh pendidikan sebagai pilar penting kemajuan bangsa. Maka yang menjadi perahatian serius adalah potret pendidikan di Indonesia. Permalaslahan-permalahan pendidikan di Indonesia mulai dari standar layanan pendidikan  di Indonesia masih rendah serta mutu pendidikan Indonesia yang masih tertinggal dibanding dnegan negara-negara maju.  Selain itu, tidak bisa dipungkuri bahwa saat ini sekolah belum menjadi tempat yang menyenangkan bagi para pelajar. Padahal menurut mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan, sekolah harusnya  menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi para siswanya dan mampu mendorong siswa agar lebih bersemangat untuk belajar. Menurutnya Kita harus mengembalikan persekolahan menjadi taman, tempat belajar yang menyenangkan dan membuat para siswa menjadi ketagihan untuk bersekolah.
Suatu lembaga pendidikan yang bermutu akan diperoleh jika lembaga terssebut diisi oleh orang-orang yang berkualitas. Terlebih lagi kita ketahui bersama bahwa di era globalisasi seperti saat ini merupakan era yang penuh persaingan dimana lembaga pendidikan dituntut untuk memiliki kualitas  dan tentunya kompetensi yang profesional.

Melihat fakta tersebut, maka sudah sepatutnya bangsa ini berbenah dan memberikan solusi dalam memajukan kualitas pendidikan. Peran untuk memajukan kualitas pendidikan tentu saja bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi seluruh elemen masyarakat termasuk pihak swasta untuk berkontribusi dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

EduCenter Membawa Nafas Baru Pendidikan Berkualitas di  Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat lembaga pendidikan yang sangat konsen terhadap kemajuan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu EduCenter. EduCenter merupakan mall edukasi pertama di Indonesia dengan konsep “one stop excellence of education”. EduCenter memiliki tujuan menjadi solusi dari masalah pendidikan anak zaman kini, yakni menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi dari satu tempat kursus ke tempat kursus lainnya.
Gedung Edu Center

EduCenter adalah gedung dengan konsep pendidikan pertama di Indonesia yang diciptakan untuk menjadi solusi keluarga untuk mengefisienkan dan memaksimalkan waktu yang dimiliki oleh anak-anak untuk kemudian bisa digunakan bersama dengan seluruh anggota keluarganya. Kehadiran EduCenter ditengah-tengah masyarakat perkotaan yang dilanda kemacetan parah tentunya menjadi oase bagi para orangtua yang ingin memberikan kualitas pendidikan terbaik namun mudah diakses. Dengan konsep yang revolusioner dan terintegrasi, EduCenter memberikan nuansa yang menyenangkan bagi para generasi muda untuk menikmati pengalaman belajar yang sempurna.

Konsep yang ditawarkan oleh EduCenter adalah sebagai pusat edukasi pertama dan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 20 institusi pendidikan ternama. Tidak tanggung-tanggung EduCenter memiliki lebih dari 20 (dua puluh) lembaga pendidikan / tempat kursus dan 1 (satu) pre-school yang sangat membantu dalam memberikan kualitas pendidikan terbaik.  Kursus-kursus di EduCenter tidak terbatas hanya menyangkut pelajaran murid di sekolah tetapi terdapat juga beberapa kursus yang akan membantu mengembangkan kecerdasan anak, kreatifitas anak, dan juga kursus yang menyangkut aktifitas anak seperti kursus ballet dan juga kursus bela diri.

Kehadiran EduCenter ini menjadi salah satu bukti nyata peran pihak swasta dalam memberikan sumbangsih untuk memajukan kualitas pendidikan Indonesia. Melalui Educenter ini maka tujuan  dalam alinea Keempat UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dapat drealisasikan melalui penciptaan kualitas siswa yang berintegritas dan tentunya memiliki daya saing sehingga dapat menjadi pilar kemajuan bangsa Indonesia. Melihat hal tersebut maka sudah sepatutnya konsep yang ditawarkan oleh EduCenter Ini dapat menjadi acuan dalam membentuk lembaga pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Oleh karena itu tidsk dapat dipungkuri EduCenter telah menjadi nafas baru dalam membawa kualitas pendidikan Indonesia yang lebih maju.

Dalam mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang maju, maka tidak ada jalan lain selain memperbaiki kualitas Edukasi atau pendidikan. Karena melalui edukasi yang berkualitas dan professional lah harapan untuk memajukan bangsa dapat direalisasikan. #educenter #KunciKemajuanBangsa.








7 komentar :

  1. Setuju banget, pendidikan memang kunci maju tdknya suatu bangsa. Jangan harap bangsa ini akan maju jika edukasi belum berkualitas

    BalasHapus
  2. thanks mbak udah mau ngunjungu blog aku. semoga memberikan manfaat. kalo mau tau tentang Lembaga pendidikan yang berkualitas, kunjungi aja blognya EduCenter di http://www.educenter.id/.EduCnter ini recomended banget untuk para ortu yang mau memberikan kualitas pendidikan terbaik untuk anaknya

    BalasHapus
  3. Education is the most powerful weapon which u can use to change the world. Quotes yg keren Banget dan menunjukkan peran edukasi dalam memabngun bangsa. Thanks min utk tulisannya, dan terima kasih juga telah memperkenalkan EduCenter

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. 18.43
    Sama-sama mbak, mari dukung EduCenter dalam memajukan pendidikan yang berkualitas demi kemajuan bangsa kedepannya

    BalasHapus